Cari Disini

Jumat, 09 Agustus 2013

Membangun Hubungan Dengan Orang Lain

Membangun Hubungan Dengan Orang Lain 
Satu-satunya unsur terpenting dalam memformulasikan kesuksesan khususnya bidang kewirausahaan adalah mengetahui cara berhubungan baik dengan orang banyak. Para pengusaha yang telah berhasil dengan gemilang mengakui pentingnya peranan orang lain dalam kesuksesan mereka. A.H. Smith, mantan presiden perusahaan kereta api di Amerika Serikat, berkata, “Kereta api adalah 95 persen manusia dan 5 perse4nnya besi”. Pengamatannya menggambarkan apa yang diketahui orang-orang sukses lainnya serta telah dibuktikan oleh sejumlah studi ilmiah. Bila anda tahu kiat bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain, berarti 85 persen anda telah berada di jalan, menuju sukses dalam usaha, pekerjaan atau profesi apapun. Inipun berarti 99 persen anda telah memasuki jalan menuju kebahagiaan pribadi.

Perlu digaris bawahi bahwa hubungan dapat membuat kita berhasil ataupun sebaliknya. Mutu suatu hubungan misalnya dalam keluarga, pasangan hidup, akan menentukan bagaimana hubungan kita dengan anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Hubungan keluarga kita turut menentukan bentuk hubungan kita dengan orang lain. Demikian pula mutu hubungan kita dengan sesama rekan, atasan dan pegawai, sebagian besar menentukan kesuksesan ataupun kegagalan kita dalam dunia usaha. Semua keahlian dan keterampilan teknis di dunia ini tidak akan dapat membuat seseorang mampu mencapai sesuatu yang diinginkan, kecuali jika ia bisa mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain. Bila anda ingin sukses dalam hidup ini, apa pun tujuan atau profesi yang anda pilih, anda harus belajar mengembangkan hubungan yang baik dengan orang banyak.

Cara Menjalin Hubungan yang Baik dengan Orang lain
Kemampuan mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain bukanlah suatu hal yang sulit. Keterampilan orang yang baik tidak terbatas pada orang yang dilahirkan dengan kemampuan gaib, meskipun dalam hal ini banyak orang dilahirkan dengan ketajaman naluri yang luar biasa. Bagi kita umumnya kemampuan yang memungkinkan seseorang untuk membina hubungan yang baik dapat kita pelajar. Di bawah ini ada 15 pedoman yang dapat membantu anda dalam membina hubungan yang baik dengan orang banyak.

1. Jangan mementingkan diri sendiri
Langkah pertama yang harus diambil dalam membina hubungan yang baik dengan orang lain adalah jangan terlalu mementingkan diri sendiri. Orang-orang yang perhatian utamanya dipusatkan pada diri mereka sendiri dalam berhubungan dengan orang lain jarang yang bisa mengembangkan hubungan baik yang langgeng. Potensi hubungan yang baik akan berkembang pesat bila anda mulai memusatkan perhatian pada orang lain.

2. Berikan mereka perhatian
Salah satu kunci hubungan yang baik dan keberhasilan dalam hidup dinyatakan dalam satu ungkapan: “Orang banyak tidak akan peduli seberapa jauh yang anda ketahui hingga mereka tahu seberapa jauh anda peduli”. Semua ketrampilan, bakat, dan pendidikan di dunia ini tidak akan pernah membuat orang lain lebih terkesan dari pada perhatian anda yang tulus ikhlas kepadanya. Sebenarnya, bila anda dalam kedudukan memerintah seseorang, dan anda tidak mulai menunjukkan bahwa anda menaruh perhatian atau peduli kepadanya, kemungkinan besar usaha anda dalam memberinya pengaruh positif akan sangat terbatas.

3. Kenali mereka lebih jauh
Beberapa hal dapat berpengaruh lebih besar terhadap orang lain dari pada mencari dan mengingat-ingat sesuatu tentang mereka. Banyak tahu tentang seseorang merupakan pertanda positif bahwa anda mempunyai perhatian, dan ini akan menciptakan ikatan yang positif dan langgeng. Salah satu contoh sejarah tentang hal ini dapat dilihat bagaimana cara Napoleon Bonaparte berhubungan dengan anak buahnya. Dia mengenal nama setiap perwira dalam pasukannya. Ia sering berjalan-jalan mengitari perkemahannya, mengunjungi seorang perwira, memberi salam dengan menyebut namanya, dan bercakap-cakap tentang pertempuran atau siasat perang dimana perwira tersebut terlibat. Ia tidak pernah melepaskan kesempatan untuk mencari keterangan tentang tempat tinggal, istri, dan keluarga para prajuritnya ketika ia melakukan hal ini, mereka selalu heran akan begitu banyaknya yang diketahui sang Kaisar mengenai diri mereka hingga hal yang sekecil-kecilnya.

Karena setiap perwira merasakan perhatian pribadi Napoleon yang amat besar terhadap diri mereka yang terbukti dari semua pertanyaannya, maka mudahlah dimengerti mengapa mereka begitu setia dan berbakti kepadanya.

4. Jangan anggap remeh nilai seseorang dengan siapa anda berhubungan
Banyak orang yang ingin mendapat pengaruh besar, tapi kurang memahami bagaimana caranya mempengaruhi. Kita bisa memberi kesan yang sebesar-besarnya pada orang yang pertama kali kita temui. Dan kemungkinan besar kita akan kehilangan kesempatan penting untuk mempengaruhi orang lain bila kita mengabaikan atau melupakan orang-orang yang setiap hari berhubungan dengan kita. Temuilah setiap orang dengan sikap positif dan harapkan agar setiap pertemuan menghasilkan sesuatu yang positif. Layanilah setia orang sama pentingnya, maka anda tidak akan pernah menganggap rendah siapapun.

5. Jangan mengambil keuntungan dari orang lain
Salah satu hal yang sangat tidak disukai oleh kebanyakan orang adalah melihat orang yang berusaha ingin maju dengan cara mengambil keuntungan dari orang lain. Selain hal ini tidak dibenarkan, juga tidak akan berjalan lancar. Mengajukan diri sendiri dengan mengorbankan orang lain hanya memberi kesan seolah-olah kita sukses. Dalam jangka panjang, hal ini tidak hanya kana merugikan anda, tapi juga orang lain.

Pencapaian sukses merupakan proses yang panjang serta memerlukan banyak waktu. Inipun merupakan suatu proses yang harus melibatkan orang lain. Bilamana seseorang mengambil keuntungan dari orang lain, berarti dia mengurangi kesempatan dirinya sendiri untuk masa depannya. Dia mengurangi jumlah kesempatan yang akan datang kepadanya, dan juga mengurangi jumlah orang yang akan bersedia pembantunya dalam mencapai sukses.

6. Mintalah nasehat atau bantuan
Salah satu cara terbaik untuk membina hubungan yang baik dengan orang lain mungkin akan mengherankan anda yaitu: mintalah nasehat dan bantuan mereka. Banyak orang yang senang bila memperoleh kesempatan untuk menunjukkan keahliannya. Merek pun akan merasa senang bila mereka membantu anda, sebab ini menunjukkan seolah-olah mereka memiliki sedikit kekuasaan atau kelebihan.

7. Bawalah selalu “sesuatu”
Hubungan yang paling baik adalah hubungan dimana kedua belah pihak saling memberi dan menerima. Bila anda ingin agar hubungan selalu positif, usahakan untuk selalu membawa suatu hal yang positif pada saat bertemu dengan seorang teman. Misalnya anda mungkin ada kenalan atau rekan kerja yang anda jumpai secara berkala. Meskipun bertemu itu hanya sekedar bertukar informasi pribadi mengenai bagaimana kabarnya, dan sebagainya, saat-saat anda bersama dapat sangat berharga bila anda mempersiapkan pertemuan itu dengan membawa sesuatu bagi orang lain tersebut. Yang dimaksud disini adalah gagasan, kesempatan berbisnis, bahkan untuk memajukan diri sendiri, dorongan, dan lain-lain. Keinginan anda adalah membantu orang lain dengan tujuannya.

8. Jaga perasaan orang lain
Manusia adalah mahluk yang emosional. Meskipun keinginan kita untuk selalu rasional dan bersikap logis, namun kita tidak boleh lupa hal di atas. Bila anda ingin sukses dalam hubungan dengan orang lain, bersabarlah dengan perasaan orang lain. Anda akan berhubungan dengan orang lain dengan lebih berhasil dengan memperhatikan emosinya dari pada memperhatikan pikirannya.

Ada cerita seorang wanita masuk ke toko sepatu untuk membeli sepasang sepatu. Pelayan toko melakukan semuanya untuk menemukan sepatu yang pas untuk wanita itu, namun tidak berhasil. Akhirnya dia berkata, “Nyonya, saya tidak dapat menemukan sepatu yang cocok untuk anda. Salah satu kaki anda lebih besar dari yang satu”. Wanita tersebut marah dan berdiri untuk pergi. Manajer toko yang kebetulan mendengar percakapan itu, menghentikan wanita tersebut. Pelayan toko mengamati manajer menemukan sepasang sepatu untuk wanita tersebut dan kemudian berhasil menjual sepasang sepatu kepadanya.

Manajer telah berkata yang sebenarnya kepada wanita tersebut, namun dia telah mempertimbangkan perasaannya dan mendekatinya dengan bijaksana dan hormat. Dia berhasil melihat situasi lewat matanya. Adalah satu kekuatan yang besar dalam kemampuan untuk mengenal itu dan kemudian dengan sabar memperhitungkan perasaan orang lain. Berilah perkataan yang benar serta akses yang benar, dan anda akan menggerakkan dunia.

9. Bersiaplah memberikan pelayanan kepada orang lain
Manusia pada hakekatnya tertarik pada orang lain yang menolongnya. Kebanyakan kita ingin membalas kebaikan dengan kebaikan. Bila anda mencari kesempatan untuk membantu orang lain, maka anda akan hidup lebih bahagia dan mampu mengembangkan banyak hubungan yang baik. Ada segi praktis yang lain dari memberi pelayanan ini. Dalam dunia yang bersaing ini, pelayanan baik sering merupakan satu-satunya mutu yang membedakan satu perusahaan dari yang lain. Satu-satunya perbedaan antara sesama toko swalayan adalah bagaimana mereka melayani pelanggan. Dua dari tiga pelanggan yang meninggalkan anda karena mereka tidak puas dengan pelayanan yang mereka terima. Ini tentunya sesuai dengan anggapan bahwa dampak positif terbesar yang dapat anda peroleh dalam bisnis adalah meningkatkan pelayanan kepada orang lain. Pelayanan secara positif dapat menimbulkan hubungan yang positif pula.

10. Jadilah seorang pendengar yang baik
Salah satu ciri khas dari orang yang mahir menciptakan hubungan adalah bahwa dia mempunyai kemampuan mendengarkan dengan penuh perhatian selagi orang lain berbicara. Akhirnya, tahukah anda siapa yang tidak senang untuk berhubungan dengan pendengar yang setia? Salah satu kunci untuk menjadi pendengar yang baik adalah kemampuan untuk mendorong orang berbicara mengenai dirinya sendiri. Biasanya yang hanya diperlukan adalah beberapa pertanyaan yang tepat. Bila anda sabar dan bertahan, anda bahkan dapat membujuk orang yang paling sedikit bicara untuk cerita tentang dirinya sendiri.

11. Bicaralah dengan kata-kata yang sesuai dengan minat orang lain
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang bila mencoba memulai satu hubungan ialah mereka berusaha menarik perhatian orang lain dengan menarik perhatian orang itu terhadap dirinya sendiri. Mereka mencoba bicara dari topik yang satu ke topik yang lain dengan harapan mendapatkan satu topik yang dianggap menarik bagi orang lain. Orang yang melakukan hal ini adalah terbalik.

Strategi yang terbaik untuk digunakan bila memulai satu hubungan adalah memfokuskan perhatian anda pada apa yang disukai oleh orang lain tersebut. Bila anda tanggap, biasanya anda dapat belajar mengenai minat orang lain dengan cepat. Bila anda berada dalam rumah atau kantor seseorang, cobalah untuk menemukan hobi dan minatnya dengan cara melihat gambar-gambar di dinding, piala-piala, tanda kenangan lainnya, atau buku-buku yang dipajang. Sesuatu tentunya akan menarik perhatian dan pandangan anda. Bila minat ini baru bagi anda, ambillah kesempatan untuk mengetahuinya dari percakapan. Bila itu juga merupakan minat anda, maka anda akan lebih menikmati lagi percakapannya.

12. Buatlah orang lain merasa penting
Membuat orang lain merasa penting adalah bagian dari seorang pemikir positif. Ingatlah, tiada yang lebih penting di muka bumi ini dari pada manusia. Tidak ada ruginya bagi kita untuk memuji orang lain dan menghormatinya agar membuatnya merasa penting, bahkan ini akan menciptakan hal-hal yang luar biasa bagi orang lain. Manfaat tambahan bagi anda adalah bahwa ini akan membantu anda membangun hubungan yang baik dengan orang tersebut.

13. Jadilah orang yang dapat dipercaya dan konsisten
Ada beberapa hal yang dapat merusak suatu persahabatan dengan lebih cepat atau lebih parah lagi bila seseorang mengingkari suatu kepercayaan. Ini terjadi bila orang tidak konsisten, dimana bedanya kata dan perbuatan. Ini juga terjadi bila dia sendiri membuat hilangnya kepercayaan itu karena dia tidak memenuhi kewajibannya, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Kehilangan kredibilitas tidak hanya merusak persahabatan, tapi juga merusak hubungan bisnis. Orang harus lebih dahulu percaya pada anda sebelum mereka bersedia mempercayai pandangan atau barang anda. Kesempatan dengan orang akan hilang dengan cepatnya bila orang lain tidak dapat mengandalkan anda.

14. Hindari perdebatan
Pembicaraan antara dua orang adalah sehat dan positif. Sebaliknya, perdebatan tidak pernah baik. Apakah bedanya? Perdebatan adalah usaha dengan paksa untuk merubah pendapat orang lain. Ini selalu menghasilkan satu pihak “menang” dan lainnya “kalah”. Pembicaraan adalah pertukaran pikiran atau gagasan dengan tujuan mencapai pemecahan terbaik bagi semua pihak yang terlibat. Ini merupakan satu usaha menciptakan satu keadaan “menang-menang” bagi keduanya. Perdebatan selalu menimbulkan suatu kerusakan. Bahkan bila anda “menang” dalam perdebatan, dan mungkin telah merusak hubungan anda dengan orang lain.

15. Jadilah seorang pengamat manusia
Mengembangkan hubungan positif dengan orang lain sebenarnya tertuju pada satu hal: Anda harus jadi seorang pengamat manusia. Bila anda benar-benar mampu mengerti manusia atau orang, mengetahui ketakutan, harapan dan impian mereka, maka anda akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan tersebut. Bicaralah dengan orang-orang tersebut, dengarkanlah idaman hati mereka. Amatilah mereka dan pelajarilah cara mereka berpikir. Orang yang sukses tahu akan nilai hubungan yang baik. Kemampuannya mencapai sasaran, melaksanakan gagasannya sebagian besar tergantung pada orang yang di sekelilingnya. Dia pada intinya tidak dapat melakukan semuanya sendiri. Begitu pula dia tidak mau meskipun mampu. Bahkan orang yang paling pemalu atau paling kasar pun dapat berubah dan belajar mengembangkan hubungan yang positif.

3 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus
  2. Halo, boleh saya minta kontak anda? bila anda berkenan, saya ingin mendiskusikan kerja sama. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/hubungan-lebih-erat-dengan-bersepeda/

    BalasHapus